Dengan perkembangan jaman yang begitu pesat dengan dibarengi teknologi informasi yang begitu canggih dan mutakhir membuat segalanya menjadi lebih mudah. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi diantaranya kecepatan, ketepatan dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan khususnya masalah waktu. Contohnya saja dengan adanya internet, memberikan berbagai macam kemudahan sehingga para pengguna (manusia ) dimanjakan dengan fasilitas yang ada didalamnya. Seiring berjalannya waktu, teknologi informasi semakin hari semakin canggih itu semua berkat adanya kreatifitas dan kinerja dari para ahli teknologi untuk selalu berinovasi meningkatkan menjadi lebih baik.

Adanya teknologi informasi disamping memberikan dampak positif bagi kita tapi juga memberikan dampak negatif juga. Dalam hal positif tentunya saja memberikan kemudahan dalam berbagai hal. Kalau dalam hal negatif berdampak seperti adanya cyber crime (kejahatan dalam dunia maya). Penyalahgunaan teknologi informasi ini sangat mengganggu sekali bagi pihak yang merasa dirugikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan kemampuannya untuk hal yang tidak baik. Contohnya saja seperti menghacking situs orang lain, pembobolan rekening, pembajakan VCD, DVD, dan itu sangat merugikan sekali bagi para pihak yang bersangkutan.

Kalau sudah seperti ini maka harus adanya suatu aturan atau pedoman kode etik dalam penggunaan teknologi informasi untuk mengatur tentang apa saja yang dibolehkan tapi juga hal-hal apa saja yang dilarang. Jadi dengan adanya ditetapkannya aturan atau pedoman maka pihak yang tidak bertanggung jawab mau tidak mau harus mematuhi aturan tersebut kalau tidak maka akan adanya sanksi sesuai dengan tindakan yang telah diperbuat sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Dengan adanya sanksi tersebut maka penyalahgunaan setidaknya bisa di atasi dan para penjahat didunia maya pasti akan berpikir dua kali dalam bertindak kejahatan didunia maya.